Laman

Sabtu, 03 Desember 2016

Bahasa Indonesia Tema 2 : Pengalaman yang Mengesankan

Kelas                : III

Tema 2             : Pengalaman yang Mengesankan
Bahasa Indonesia
Mendengarkan petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman teman dan mengajukan pertanyaan

Indikator

  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
  • Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat

materi
A.berbicara
Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti berbicara di rumah,disekolah atau hampir setiap tempat
Contoh:
Seperti di sekolah guru berbicara menjelas kan tentang pelajaran Ulangan minggu kemaren,karena hasil ulangan kemaren tidak semua siswa yang mendapat nilai bagus dan guru pun menjelas kan ulang tentang pertanyaan ulangan soal kemaren agar semua siswa bisa lebih memahami soal ulangan minggu kemaren.
B.menanggapi pertanyaan
Yang di maksud menanggapi pertanyaan adalah memberikan perhatian disetiap pertanyaan
Contoh:
Pak guru bertanya kepada muridnya . mengapa kita tidak boleh terlalu banyak makan lalu murid nya menjawab,karna terlalu banyak makan dapat menyebab kan kita sakit .itulah yang dimaksud dengan menanggapi pertanyaan dalam sehaari-hari .Tanpa kita sadari kita selalu bertanya di sekolah,dirumah maupun ditempat umum.
C.menceritakan
Ada beberapa bagian dalam hal menceritakan :
1.menceritakan pengalaman berdasar kan gambar.          
Misalnya:
Kita melihat atau membaca sebuah berita di koran tadi pagi, tentang kecelakaan kapal yang menabrak karang di pesisir pantai, yang akhirnya menelan beberapa korban jiwa,lalu saya menceritakan lagi kepada teman saya.
2. menceritakan pengalaman sendiri.
Yang di maksud menceritakan pengalaman sendiri adalah kita menceritakan tentang apa saja pengalaman yang pernah kita rasakan atau kita alami. Dalam kehidupan ita pasti banya melakukan kegiatan.Misalnya : a.)ikut ayah memancing. B.) Membantu ibu memasak. C.) Bermain bersama teman. Itulah yang di maksut dengan menceritakan pengalaman sendiri.
3. Menceritakan pengalaman orang lain.
Menceritakan pengalaman orang lain misalnya : Kita telah mendengar tentang pengalaman seseorang lalu kita menceritakannya kepada teman-teman.
Contohnya :
Ayah saya pernah bercerita kepada saya tentang pekerjaannya sebagai polisi yang setiap harinya menertipkan lalu lintas, ayah saya bercerita tentang suka dukanya menjadi seorang polisi lalu lintas, ia menceritakan tentang banyaknya kecelakaan lalu lintas sekarang ini, banyaknya orang-orang yang tidak tertib lalu lintas dan melanggar lalu lintas. Dan cerita tersebut saya ceritakan kembali kepada teman saya.

D.melakukan percakapan
Yangdimaksud dengan melakukan isi percakapan adalah seperti kita yang sedang berkomunikasi,atau berbicara dengan orang laen.
seperti bertanya misalnya :
ð menerima telepon.
ð meminta tolong.

Ada beberapa bagian dari percakapan :
A.melakukan  percakapan secara lisan
Percakapan lisan ialahseperti kita berbicara langsung kepada teman,guru,orang tua,ataupun setiap orang.
contoh :
pak guru menjelaskan kan pelajararan bahasa indonesia dan menyuruh muridnya jika tidak mengerti silahkanbertanya,lalu muridnya pun bertanyakepada pak guru dan pak guru menjelaskan kembali  tentang pelajaran yang belum di mengerti mereka pun saling tanya jawab.tentang pelajaran bahasa indonesia tersebut itulah yang dimaksud melakukan percakapan secara lisan.
B.melakukan percakapan secara tertulis.
Melakukan percakan secara tertulis yaitu seperti kita menanyakan kabar seseorang melalui surat,internet,sms, dll .seperti kita mengirimkan berita tentang kabar seseorang tanpa berhadapan langsung atau bertatap muka.Misalnya menanyakan kabar nenek didesa melalui surat tanpa harus bertatap muka langsung, itulah yang di maksut dengan melakukan percakapan tertulis.

E.menceritakan kembali isi percakan

Yang dimaksud dengan ini menceritakan kembali isi percakapan contohnya adalah seperti kita mengulangsebuah kalimat yangpernah  kita ucapkanatau pernah kita ceritakanatau yang pernah kita bicarakan,lalu kita ceritakan kembali.tadi pagi saya berangkat kesekolahdan andi di sepanjang jalan saya bersama andi mebicarakan tentanghasil ulangan bahasa indonesiakemaren dan andi bilang dia belum begitu puas dengan hasil yang dia peroleh kemarendia harap ulangan yang lebih bagus dari pada kemarenuntuk itu dia akan lebih giat belajaragar dia mendapatkan hasil yang lebih baek lagi .setelah sampaidisekolah saya bertemu dengan teman perempuan saya yang bernama mialalu saya bercerita dengan hasil ulangan kemarensaya mengatakan semua tentang percakapansaya dengan andiketika berangkat ke sekolahtadi pagi  kepada mia.itulah yang dimaksud dengan menceritakan kembaliisi percakapan atau lebih jelasnya lagiseperti kita menceritakan suatu hal yang pernah kita bicarakan/bahas dengan teman kita,lalu kita membicarakannya kepada orang lain.

sumber: http://ayhamhaya.blogspot.sg/2013/12/materi-bahasa-indonesia-kelas-3-sd.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar