Laman

Sabtu, 03 Desember 2016

PPKn tema 2: Pengalaman yang Mengesankan

Kelas                : III
Tema 2             : Pengalaman yang Mengesankan
KD
PPKn
 Melaksanakan kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
Indikator

  •    Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga
  •        Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.
  •     Membiasakan kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga

Materi

A. Kerjasama di Sekitar Lingkungan Rumah

Pernahkah kamu bekerjasama di rumah? Dalam keluarga, setiap orang mempunyai kedudukan dan peran masing-masing. Misalnya, Ayah adalah kepala keluarga, ia bertugas mencari nafkah. Selain itu, Ayah juga adalah pemimpin keluarga yang bertugas mengarahkan semua anggota keluarga agar menjadi baik.

Dengan demikian, setiap anggota keluarga bekerja sesuai dengan perannya masing-masing sehingga situasi di rumah sangat menyenangkan dan nyaman. Bagaimana dengan keadaan di rumahmu? Sebagai gambaran, perhatikan cerita di keluarga Anton berikut ini.Dalam menjalankan tugasnya, Ayah di bantu oleh Ibu. Ibu bertugas mengatur rumah dan menjaga serta mendidik anak-anak. Dalam mengatur rumah, tentu ibu tidak bekerja sendirian, melainkan di bantu oleh anakanak. Anak-anak harus membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti menyapu, menyiram tanaman dan sebagainya.
Kerjasama di Keluarga Anton
Anton mempunyai seorang kakak perempuan. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan swasta terkemuka sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga.
Di rumah Anton mempunyai tugas sendiri, yaitu menyiram tanaman sedangkan kakaknya bertugas menyapu.
Setiap hari Ibu membereskan rumah dan menyiapkan sarapan. Anton merasa bangga, karena ibunya seorang wanita lembut dan setiap pekerjaan yang dilakukannya selalu selesai dengan cepat dan rapi.
Karena ibu masih sakit setelah melahirkan, tugas-tugas ibu di rumah di kerjakan bersama oleh Ayah, kakak, dan Anton. Mereka bekerjasama dan membagi tugas membereskan rumah dan menyiapkan sarapan. Anton, membantu kakak menyapu rumah. Sedangkan Ayah menyiapkan sarapan. Jadi  meskipun ibu tidak bisa menjalankan tugas seperti biasanya, rumah tetap rapi dan bersih. Senang bukan? Bagaimana denganmu? Apakah kamu suka membantu ayah dan ibu?
Pada suatu waktu, ibu melahirkan adik laki-laki, Anton dan Kakak serta Ayah sangat senang.

B. Kerjasama di  Sekitar Lingkungan Sekolah

Sekolah adalah lingkungan terdekat setelah rumah. Setiap hari kamu pergi ke sekolah dan bermain dengan teman-temanmu bukan? Di sekolah kamu mencari ilmu dan bergaul dengan teman sebaya.
Adapun di sekolah terdapat beberapa staf seperti ada Kepala Sekolah, guru, teman-teman sebaya, penjaga sekolah, satpam, dan sebagainya. Setiap komponen yang ada di sekolah tersebut memiliki kedudukan dan peran masing-masing.
Kerjasama di sekolah tentu sangat diperlukan karena kegiatan di sekolah tidak akan berjalan jika komponenkomponen yang berada di sekolah tidak bekerjasama antara satu dan yang lainnya. Misalnya, kepala sekolah bertugas memimpin sekolah dan membuat program-program sekolah.
Sementara itu, guru bertugas mendidik anak-anak dan menjalankan program-program yang telah ditetapkan. Adapun penjaga sekolah bertanggung  jawab menjaga kebersihan dan bersama-sama satpam menjaga keamanan sekolah.
Lalu, apa tugasmu sebagai murid? Kamu bertugas belajar dengan sungguh-sungguh dan mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Kerjasama di antara semua komponen sekolah tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan sekolah yang lebih maju. Bagaimana dengan kerjasama di sekolahmu?

sumber: http://pustakamateri.web.id/kerjasama-di-lingkungan-rumah-sekolah-dan-masyarakat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar